Header Ads

25 Fitur Windows 10 Yang Wajib Anda Ketahui

25 Fitur Windows 10 Yang Wajib Anda Ketahui - Menurut Microsoft, karya Windows 10 merupakan sistem operasi terbaik yang pernah dihadirkan sepanjang sejarah Windows. Alasan utamanya dikarenakan beberapa fitur-fitur pada sistem operasi tersebut tidak pernah dihadirkan pada sistem operasi lainnya. Selain itu, Windows 10 dilengkapi dengan beberapa inovasi yang menghadirkan pengalaman tersendiri.


Lantas apa sajakah kelebihan-kelebihan Windows 10? Mari kita simak di bawah ini!


15 fitur Windows 10


1. Start Menu hidup kembali dengan fitur yang lebih canggih

Fitur Windows 10: Start menu
Penampakan Start Menu Windows 10 Pro Insider Preview.

Fitur Windows 10 kita awali dengan kabar gembira mengenai hadir kembalinya Start Menu yang sebelumnya dihilangkan Microsoft. Start Menu hadir dengan tampilan yang lebih canggih, lebih fresh, dan lebih membantu. Start Menu ini dibagi menjadi dua bagian, yang terlihat di sisi kanan adalah ikon tradisional dan di sisi kiri kita bisa melihat lives tiles. Untuk pencarian juga sudah dilengkapi dengan sistem yang lebih akurat dan lebih canggih, di mana pencarian tidak hanya menampakkan hasil penelusuran dari Windows, melainkan juga menuju ke situs web di Internet.

Terlebih lagi, sekarang Start Menu dapat Anda kustomisasi sendiri alias dikreasikan sesuka Anda. Anda dapat mengubah warnanya, bentuknya, atau menambahkan kolom-kolom atau bagian-bagian. Seperti menambahkan foto, kalendar, dan widget lainnya.

2. Task View

Fitur Windows 10: Task View
Tampilan Task View, virtual desktop pada Windows 10.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa membuat virtual desktop atau dengan kata lain menyimpan banyak aplikasi dan membukanya kapan saja. Sehingga dengan fitur ini jika Anda ingin membuka aplikasi lain jadi lebih mudah tanpa menambah loading lagi, karena sebelumnya telah ter-load.

3. Menyembunyikan tombol pencarian & Task View

Fitur Windows 10: Menyembunyikan tombol pencarian dan Task View
Cara menyembunyikan tombol pencarian dan Task View.

Bagi Anda yang jarang atau tidak suka menggunakan fitur pencarian dan Task View, sekarang Anda dapat menghapusnya sesuka hati kapanpun. Ini bisa Anda lakukan dengan cara menghilangkan centang pada klik kanan dan pilih Show Task View button atau Show Search button. Salah satu keuntungan menghilangkan tombol pencarian dan Task View bisa mempecepat loading dan start up Windows.

4. Animasi lebih halus dan segar

Fitur Windows 10: Animasi lebih halus
Animasi lebih halus saat minimize atau maximize ukuran.

Pada Windows 10 terdapat animasi di mana saat kita melakukan minimize atau maximize. Pada versi sebelumnya (build 9879) animasi ini masih kasar, namun Microsoft telah memperbaikinya dengan animasi yang lebih segar dan halus pada versi terbarunya.

5. Hadirnya Project Spartan sebagai pengganti Internet Explorer

Fitur Windows 10: Project Spartan
Tampilan browser Project Spartan pada Windows 10.

Internet Explorer merupakan browser yang sekarang memiliki tampilan sederhana, elegan, dan mempunyai kecepatan berselancar cukup baik. Bahkan kemampuan browser ini hampir setara dengan browser kelas atas seperti Chrome, Opera, Safari, dan Firefox, terbukti pada tes pertarungan browser terbaik yang dilakukan Digital Trends.

Internet Explorer sempat menjadi browser terbaik pada masanya, namun sejak datangnya Firefox, posisi Internet Explorer semakin turun dan penggunanya semakin berkurang. Walau sekarang Internet Explorer sudah bangkit kembali dengan performa kian membaik, namun dianggap sudah terlambat bagi user Internet di seluruh dunia karena sebelumnya telah dikalahkan Firefox. Dan akhirnya brand Internet Explorer menjadi buruk di mata netizen.

Jatuhnya projek Internet Explorer nampaknya membuat Microsoft ingin membuat projek browser terbarunya yang ia namakan Project Spartan. Browser ini hadir dengan tampilan bersih dan memiliki banyak fitur menarik, salah satunya dengan adanya fitur Reading Mode. Reading Mode memberikan kefokusan kepada artikel ketimbang widget situs lainnya, sehingga pengguna bisa membaca lebih fokus dan nyaman. Dengan mode ini juga, Anda dapat membaca konten sebuah situs walau sudah tidak tersambung Internet.

6. Gaya gesture

Bagi Anda yang menggunakan teknologi touch screen, sekarang di Windows 10 Anda dapat melakukan beberapa gaya gesture. Diantaranya:
  • Tiga jari ke bawah untuk menuju desktop.
  • Tiga jari ke atas untuk membuka Task View.
  • Tiga jari babatan ke kiri atau ke kanan untuk berganti aplikasi.
  • Tiga jari geser ke kiri atau ke kanan untuk menampilkan pop up Task View.
  • Tiga jari pada tap untuk membuka pencarian.

7. Mode Continuum

Fitur Windows 10: Continuum
Mode Continuum di Smartphone dan di Hybrid.

Fitur ini diberikan pada Microsoft khusus untuk pengguna Hybrid (laptop plus tablet), seperti Surface Pro, Lenovo Yoga, dan lain-lain. Di mana dengan adanya fitur ini jika Anda melepas bagian keyboard, maka Anda akan masuk pada mode tablet. Sebaliknya, saat Anda memasangnya kembali maka Anda akan dilempar pada mode laptop atau desktop. Setiap mode menyesuaikan layarnya masing-masing.

8. Hadirnya Cortana

Cortana dapat Anda temukan pada Start Menu.

Fitur Cortana adalah fitur asisten suara untuk memerintahkan sesuatu, seperti memberi perintah ke Windows 10 untuk bernyanyi, diajak bercanda, dan lain-lain. Fitur ini sangat cocok bila Anda sedang tidak memiliki teman bermain, karena Anda bisa mengobrol dengan Cortana. Sesuai yang diujikan KompasTekno, jika kita menyebutkan kalimat seperti "Cortana, sing a song", maka secara otomatis Cortana akan mencari sebuah lirik lagu di Internet dan menyanyikannya. Wow, dapatkah Anda berduet dengan suara Cortana?

Beberapa suara yang dapat Anda lontarkan pada Cortana antara lain:
  • How old are you?
  • Tell me joke.
  • Show me the latest NBA scores.
  • How many calories in a boiled egg?
  • Put swimming on my calendar for tomorrow.
  • Change my three PM event to four.
  • What's happening this weekend?
  • Dan masih banyak lagi.

Memang Cortana belum mengerti bahasa selain bahasa Inggris, termasuk bahasa Indonesia. Namun kedepannya Microsoft akan terus menginovasi Cortana agar memberikan fitur yang lebih baik lagi. Tidak menutup kemungkinan Microsoft akan menyediakan pengucapan dalam bahasa Indonesia juga, mengingat bahwa Indonesia merupakan salah satu pengguna sistem operasi Windows terbesar.

9. Microsoft Live Essentials, antivirus kelas enterprise

Fitur Windows 10: Microsoft Live Essentials
Tingkatkan keamanan PC Windows 10 Anda dengan Microsoft Live Essentials, antivirus buatan Microsoft.

Microsoft selalu memberikan keamanan yang terbaik pada sistem operasinya. Sekarang, Windows 10 dilengkapi dengan antivirus Microsoft Live Essentials dengan grade enterprise. Microsoft Live Essentials pada Windows 10 akan memberikan pertahanan terbaik, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengunduh antivirus lainnya.

10. Universal Apps, satu aplikasi untuk berbagai platfrorm

Fitur Windows 10: Universal Apps
Universal Apps, satu aktifitas pada semua perangkat.

Universal Apps adalah keadaan di mana beberapa aplikasi modern membuat transisi, sehingga dapat berjalan pada semua jenis dan ukuran perangkat Windows. Konten dari aplikasi disimpan melalui aplikasi cloud OneDrive buatan Microsoft, jadi Anda dapat melanjutkan aktifitas pada aplikasi tersebut tanpa harus mengulangnya dari titik awal.

11. Microsoft Edge

Fitur Windows 10: Microsoft Edge
Selain meluncurkan Project Spartan, Microsoft juga mengeluarkan Microsoft Edge untuk Windows 10.

Selain menghadirkan Project Spartan, Microsoft tak cukup puas dengan satu karya bertema browser, rupanya Microsoft meluncurkan browser baru yang diberi nama Microsoft Edge. Mari kita ketahui lebih dalam mengenai Microsoft Edge.

Microsoft Edge memiliki kemampuan melukis/ menggambar, mencoret, dan memberikan catatan di halaman sebuah situs serta dapat membagikannya langsung ke teman-teman lainnya.

Sama dengan Project Spartan, Microsoft Edge juga dilengkapi dengan fitur Reading Mode yang memungkinkan untuk membaca lebih nyaman dan menyimpannya untuk dibaca nanti.

12. Snap Assist, jalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

Jika Anda perlu membuka dan memanajeman aplikasi secara bersamaan, maka fitur ini sangat berguna buat Anda. Karena dengan Snap Assist, memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi secara serentak. Sayangnya, fitur ini hanya sedia bagi pengguna touch screen.

13. Microsoft Office hadir dengan tampilan lebih segar, dan bisa disentuh!

Penampakan Microsoft Word di Windows 10.

Untuk kali pertamanya, Microsoft menghadirkan sentuhan layar untuk produk editing Windows 10, yaitu Office yang meliputi Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Bukan hanya layar sentuh, tampilan Office juga lebih fresh di sini. Perubahan lainnya seperti kolom menu di atas aplikasi bersifat tersembunyi dan hanya muncul pada saat Anda membutuhkannya. 

14. Biometric Authentication

Windows 10 luncurkan Windows Hello3, sistem keamanan yang membuat pengguna lebih mudah dalam melakukan sign-in pada perangkat yang digunakan dengan cara men-scan wajah, jari, atau bahkan mata kita.

Menurut Lucky, Microsoft Business Group Head Indonesia mengatakan bahwa semua fitur yang terkandung di Windows 10 didesain agar pengguna memiliki pengalaman terbaik dengan menampilkan performa yang dilengkapi teknologi terbaru.

15. Data akan disinkronisasikan secara otomatis

Terakhir, semua data Anda akan tersinkronisasikan secara otomatis. Jadi ketika pengguna masuk ke akun Microsoft pada Windows 10, maka secara otomatis semua data akan disinkronisasikan ke server Microsoft. Ada yang khawatir dengan fitur ini, namun hal ini tidak menjadi masalah karena semua data Anda akan aman karena berada pada server Microsoft.

16. Background Scroll

Background scrolling adalah fitur dimana Microsoft akan menerapkannya di Windows 8, tapi sayang itu tidak mereka lakukan. Pada versi Windows sebelum-sebelumnya, kamu hanya bisa melakukan scroll saat Window aktif saja. Sekarang kamu bisa scroll Window bahkan jika Window itu tidak aktif.
Pada Windows 10 ada pengaturan dimana kamu bisa melakukan scroll pada Window yang tidak aktif. Pergi ke Settings, pilih Devices dan klik Mouse & touchpad. Disini kamu akan melihat pengaturan “Scroll inactive windows when I hover over them.”

17. Permonitor Dapat Diubah Ukurannya

Sekarang kita bisa menikmati monitor dengan resolusi tinggi 1440p, sedangkan monitor 4K saat ini harganya sudah terjangkau. Pada keadaan tertentu, khususnya monitor 4K, kamu harus mengatur display scalling sehingga teks masih bisa dibaca dengan nyaman pada jarak pandang tertentu. Di versi Windows sebelumnya, kamu bisa mengaktifkan satu scaling level untuk semua monitor, yang tentu akan mengganggu jika kamu memiliki banyak monitor dengan resolusi berbeda.
Beruntung Microsoft menyadari kelemahan ini di Windows 10 dengan memperbarui pengaturan scalling. Pada Windows 10, pengaturan display scalling bisa kamu ubah pada setiap monitor. Jadi jika kamu menggunakan dua monitor, 4K dan 1080p, ini akan mempermudah kamu dalam mengatur tampilan dua monitor.
Kemampuan untuk mengatur display scalling terpisah untuk setiap monitor juga berguna jika kamu menghubungkan layar laptop ke device external. Windows 10 bisa mempertahankan untuk tampilan laptop dan juga untuk tampilan device external.

18. Storage Sense

Storage Sense adalah salah satu fitur yang paling terlihat di Windows 10, berasalan dari platform mobile Microsoft. Fitur ini bisa menganalisa file di hardisk kamu, menampilkan berapa banyak space yang telah kamu gunakan dan sisa dari space hardisk kamu. Diolah lagi dengan dibagi menjadi beberapa kategori. Selain itu Storage sense juga bisa membaca drive external yang terpasang melalui USB.
Melihat Storage Sense dalam beberapa saat adalah cara yang bagus untuk mengelolah file pada drive kamu. Cara ini akan mempermudah kamu untuk membersihkan file yang tidak dibutuhkan, memberitahukan berapa banyak space hardisk ditempati oleh masing-masing aplikasi, game, music, videos, pictures dan documents yang diinstall ke dalam sistem.

19. Command Prompt dengan Perombakan Besarnya

Command Prompt memang fitur Windows yang jarang digunakan oleh semua orang, tapi Microsoft saat ini melakukan perombakan besar. Windows 10 membawa perubahan besar, membawa perbaikan yang mempermudah user untuk memasukan dan mengedit command.
Jika kamu melakukan disable pada legacy console di Command Prompt, maka kamu bisa mengakses fitur baru seperti dukungan copy paste pada clipboard, line wrapping untuk mempermudah membaca command, mempermudah ukuran window, dan bahkan kemampuan untuk membuat window Command Prompt terlihat transparan.

20. Ada Tracpad Gesture yang Baru

Menurut Sejarah, Mac OS X memiliki dukungan trackpad yang lebih baik dari Windows, tapi dengan adanya Windows 10 ada upaya dari Microsoft meningkatkan kemampuan ini bagi pengguna laptop. Jadi dukungan trackpad saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya, termasuk adanya beberapa gesture dan fungsi baru.
Windows 10 mendukung trackpad gesture yang sebelumnya mungkin sudah kamu gunakan, seperti; pinch-to-zoom, two-finger scrolling, dan two-finger tap to right click. Tapi beberapa gesture baru terbaik dirancang untuk power user dan multi-tasking. Three-finger swiping ke atas bisa membuka Task View, sehingga dapat mempermudah kamu beralih ke desktop baru. Three-finger swiping ke kiri atau kanan membuka Alt+Tab, sementara Three-finger swiping ke bawah akan membuka desktop. Microsoft juga menambahkan trakcpad shortcut seperti; three-finger tapping untuk membuka Cortana, dan four-finger tapping untuk membuka Action Center.

21. Mengolah Web Page di Microsoft Edge

Browser terbaru Microsoft, Edge, membawa perubahan yang besar untuk tidak sekedar upgrade dari Internet Explorer. Ada salah satu fitur keren yang membuat Edge berbeda dengan browser lainnya, kemampuan untuk mengolah web page dari dalam browser itu sendiri, kamu bisa membuat catatan berdasarkan web page dan ini adalah langkah bagus untuk pengguna device touchscreen.
Untuk mengolah web page, klik tombol Web Note di toolbar Edge. Dengan begini browser akan mengambil screenshot dari web page dan memungkinkan kamu untuk mencorat-coret, crop atau add text note ke gambar tersebut. Dengan integrasi OneDrive, menayimpan dan menyusun catatan akan menjadi lebih mudah.

22. Dukungan FLAC, MKV dan HEVC

Windows Media Player adalah salah satu media player populer dan efisien, lebih hemat baterai, dan memiliki lebih banyak suara sebagai alternatif aplikasi VLC. Karena adanya Windows 10, bagus Microsoft menambahkan dukungan format yang lebih banyak.
Penambahan format paling besar adalah dukungan Matroska (MKV), yang digunakan sebagian besar video H.264 dan dapat digunakan untuk multiple audio, video dan subtitle stream. Windows 10 juga mendukung audio FLAC untuk audio lossles, serta video compression HEVC/H.265. Dukungan HEVC juga telah ditambahkan untuk mengadopsi video 4K.

23. Funsi Baru Snapping Window

Salah satu fitur paling berpengaruh di Windows 7 adalah kemampuan untuk snapping window, mempermudah kamu untuk mengatur window yang terbuka. Windows 10 memiliki fungsi baru dalam hal snapping, semakin mempermudah pengguna berlayar besar.
Seiring dengan kemampuan untuk snap setengah layar, Windows 10 dapat snap window ke salah satu sudut layar, sehingga dapat dengan mudah mengatur empat sudut dengan empat window. Jika kamu memiliki monitor 4K, fitur ini jelas sangat berguna. Selain itu bagi pengguna multi monitor, kamu bisa melakukan snap ke sudut monitor mana pun.

24. Rekam Video Dimanapun
Fitur Game DVR adalah salah satu fitur Xbox di Windows 10, berguna untuk merekam saat bermain game. Bagaimana pun, kamu bisa memanfaatkan fitur ini tidak hanya untuk bermain game saja, tapi kamu bisa merekam video untuk semua aplikasi.
Untuk melakukan ini kamu perlu membuka aplikasi Xbox dan membiarkannya tetap terbuka, kemudian pindah ke aplikasi yang ingin kamu rekam. Dari sini tekan Win+G untuk membuka Game Bar, kemudian klik “Yes, this is a game.” Setelah game bar terbuka, kamu bisa merekam video dengan mudah dengan mengklik Start Recording.
Cukup bodoh memang Windows 10 tidak bisa mengenali perbedaan antara game dan aplikasi, tapi ada beberapa saat dimana aplikasi bisa mengenalinya dan kamu tidak bisa merekamnya.

25. DirectX 12

Mungkin fitur tersembunyi paling utama di dalam Windows 10 adalah DirectX 12. Mungkin kamu tidak akan melihat manfaat dari DirectX 12 dalam waktu dekat, tapi dalam beberapa bulan ke depan atau tahun depan, ini akan meningkatkan kinerja gaming.
Developer bisa mendapatkan lebih banyak informasi hardware dari sistem kamu, baik pada CPU dan GPU, dukungan untuk multiple GPU, lebih banyak kontrol hardware, memory pooling, dan sebagainya. Dikombinasikan dengan grafik efek baru di DirectX 12, developer dan membuat generasi terbaru game dengan memanfaatkan DX12.
DirectX 12 API hanya didukung untuk Windows 10, yang membuat platform OS terbaik untuk bermain game. Windows Display Driver Model (WDDM) versi 2.0 juga membawa driver yang meningkatkan kinerja rendering 3D di Windows 10.
Diberdayakan oleh Blogger.